25/06/2015

Ketika Hidup Menuntut pertanggung jawaban.. apakah yang akan dilakukan ????

Sebelumnya.. saya minta maaf telah menulis cerita ini ..alasan saya menulis cerita ini ialah karena saya mendapat pelajaran yang sangat berharga dari kisah hidup orang ini. saya memang tidak tahu banyak tentang beliau ini. tepatnya saya tau tentang beliau karena saya merupakan anak kos beliau, dari mulai saya kuliah hingga sekarang. kurang lebih 2 tahunan lah.



beliau lebih di kenal dengan panggilan lilis. beliau sekarang berumur 73 Tahun. beliau orang yang sangat berpendidikan dan dihormati. beliau juga pensiunan dari dosen ekonomi di Universitas Andalas padang. ibuk lilis ini tamatan S1 di salah satu universitas terkenal di Pulau Jawa (saya lupa apa nama universitasnya) yang jelas beliau pernah menjadi mahasiswanya pak boediono. kemudian setelah menyelesaikan S1 di pulau jawa, lalu beliau melanjutkan S2 di filipina, beliau memang orang yang cerdas. kemudian setelah menyelesaikan S2 lalu beliau melanjutkan S3 di Amerika. tapi sayangnya, tidak tahu karena alasan apa, beliau tidak dapat menyelesaikan S3 nya itu. beliau memang hebat dalam bidang pendidikan, nilai-nilai beliau pun bisa dikatakan sangat bagus. bahasa inggris beliau pun sangat pandai, kami sangat iri dengan kepandaian yang beliau miliki. memang ketika di bangku sekolah dan kuliah, beliau hidup dengan penuh kesederhanaan, tampak dari foto-foto beliau yang diperlihatkan kepada kami, pakaian beliau sangatlah sederhana. tapi dengan kegigihan beliau, beliau bisa menjadi orang yang sangat berpendidikan.

tetapi, beliau cuma beruntung didalam dunia pendidikan saja, tidak di dunia percintaan. sayang sekali, hingga saat ini beliau tidak pernah merasakan bagaimana rasanya berumah tangga. bagaimana rasanya memiliki suami dan anak. bagaimana rasanya ijab qabul. bagaimana rasanya malam pertama, dan bagaimana rasanya berbagi kasih dengan suami. hingga sekarang beliau masih memiliki prediket single.

apakah ini yang namanya hidup ?
dimana kah letak salahnya ??
apakah kami para wanita tidak boleh berpendidikan tinggi ? katanya lelaki takut jika perempuan berpendidikan lebih tinggi darinya. 
katanya lelaki takut jika nanti perempuan itu akan mengatur dirinya. 
apakah itu bukan diskriminasi namanya ??
apakah kami para wanita harus terbatas pendidikan kami. 

terkadang saya sedih melihat ibuk kos saya yang seperti itu. saya yang kini berumur 20 tahun saja sangat merasa kesepian apabila teman saya meninggalkan saya walaupun cuma sebentar. bagaimana yang beliau rasakan ?? sesedih apakah ? hufff tak terbayangkan apa yang beliau rasakan. pasti sangat kesepian. 

saya memang tak tau bagaimana dengan cerita cinta beliau di masa muda. apakah pernah pacaran atau tidak. saya tidak tau, itu hanya menjadi rahasia.

kini, beliau hidup dengan penuh kemewahan finansial, dengan uang yang berlimpah dan sudah tersempurnakan rukun islam yang kelima yaitu haji. beliau sudah pergi ke tanah suci beberapa kali. tapi, saya tidak tahu, kenapa beliau hidup dengan sangat irit. beliau sangat susah dalam membelanjakan uang nya. apakah ini efek dari belajar ekonomi  ?? yang biasanya menghitung uang yang tak ada. dan sekarang ketika uang itu ada tidak mau dibelanjakan. tidak mau sedekah, dan tidak mau berbagi. 

jangan kan dengan orang lain, dengan diri sendiri saja beliau terbatas, pakaiannya yang masih pakaian zaman dahulu, makan makanan yang sudah kadaluarsa, hingga air kos kami bersumber dari air hujan. begitu iritkah hidup beliau ?? bukan lagi irit, tapi pelit mungkin.
dimasa tua inilah kita harus membenahi diri, banyak sedekah, banyak beramal, dan banyak-banyak mendekatkan diri kepada Allah SWT. 
terkadang ketika kami ngumpul sesama anak kos, kami sering menggosipkan beliau, kemana akan beliau gunakan uang kos kami yang sebanyak itu. sedangkan beliau tidak pernah membelanjakan uangnya. untuk apa uang disimpan ?? uangpun tak akan di bawa mati.

takutnya, kalau kita terlalu pelit pada hidup kita sendiri, nantinya hidup akan menuntut pada kita.


dan ternyata benar, hidup menuntut pada beliau. hingga saat ini beliau menderita sakit kanker payudara sudah stadium lanjut. kamipun kaget mendengar berita kalau beliau dirawat, tapi kami tidak diperbolehkan untuk membezuk beliau dirumah sakit. 
sebelah payudaranya harus diangkat, dan setelah diangkat beliaupun harus menjalani kemoterapi. tentu kita semua tahu, kemoterapi itu tidak hanya membunuh sel-sel tubuh yang rusak, melainkan akan merusak sel-sel tubuh yang masih bagus. tetapi demi membunuh kanker tersebut, beliau siap menjalani kemoterapi.

setelah kemoterapi pertama, sangat jelas tampak bagian tubuh beliau yang sudah rusak, mata beliau langsung memerah, sakit, perih dan suara beliau pun mulai hilang. berbagai macam obat mulai dari obat dari rumah sakit, sampai obat herbal pun beliau konsumsi, hanya demi untuk sembuh. tetapi, tak ada perubahan apapun pada beliau. 

hingga hari ini, beliau konsultasi lagi kerumah sakit, dan pihak rumah menganjurkan beliau di rawat dan di kemoterapi lagi. 

so sad, di umur beliau yang ke 73 Tahun itu seharusnya beliau menikmati masa tuanya dengan bahagia, bukan dengan sakit-sakitan seperti.  entah kenapa dari sudut pandang saya, beliau adalah orang yang paling sedih di atas dunia ini. meskipun sekarang adik beliau menemani beliau disini, tetapi tetap saja beliau merasakan kesepian.


terkadang saya juga sempat berpikir, apa maksud dari semua ini ?? apakah ini karma. apakah semua ini balasan dari perbuatan beliau. uang yang beliau simpan selama ini harus terbuang percuma untuk biaya rumah sakit dan kemoterapi. apakah itu azab apabila kita tidak bersedakah ?? tapi beliau sama sekali tidak menikmati harta nya sendiri. tapi kenapa hartanya harus terbuang percuma seperti itu ?? wallahualam.

dari kisah beliau, saya mengambil banyak pelajaran. bahwa nikmat Allah itu bukanlah harta semata. Waktu dan kesehatan juga merupakan nikmat Allah yang sangat berharga. oleh sebab itu, kita sebagai manusia harus banyak bersyukur akan pemberian Allah kepada kita. 

ingat gaes!!! 
hidup kita bisa saja berubah jika Allah menghendakinya.
makanya .. Nikmati hari ini dan Berharaplah untuk hari esok. 

thank you... :)



With Love,
MA

No comments:

Post a Comment