17/04/2016

Yogyakarta, Kota Indah Penuh Cerita :)

Pertama kalinya kaki ini berpijak di tanah jawa, Kami para pelajar dari negeri minang ini berkunjung ke tanah jawa tidak lain adalah dalam rangka kegiatan praktek kebidanan komunitas di kota pelajar, Yogyakarta.
perjalanan kami menuju kota tersebut di mulai dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM) pada tanggal 30 Januari 2016 Pukul 18.05 Wib dan pukul 20.00 Wib kami sampai di Jakarta. Kebetulan itu malam minggu pertama bagi saya sendiri di Tanah Jawa.

dari Jakarta kami menggunakan Bus menuju Jogja, perjalanan di tempuh cukup lama, dan itu cukup membuat badan pegal-pegal, kaki terasa membengkak. but i don't care, karena bersama teman-teman, perjalanan menjadi menyenangkan.
Pagi minggunya, kami berhenti di sebuah rumah makan yang saya pun tidak tahu itu entah dimana, dan disitu kami mengganti baju, dan sarapan. Itu adalah hari pertama saya memakan masakan jawa  yang manis sangat bertolak belakang rasanya di banding masakan Khas Padang yang super pedas.
setelah sarapan, kami melanjutkan perjalanan menuju Candi Borobudur, Magelang. kami sampai di candi borobudur jam 09.00 Wib dan itupun cuacanya sudah sangat panas.
setelah bermain dan foto-foto, kami melanjutkan perjalanan lagi menuju tujuan utama kami, yaitu bapelkes jogja. perjalanan dari magelang menuju bapelkes lebih kurang 2 jam. dan kami sampai di bapelkes pukul 16.30 Wib itupun di sambut dengan hujan deras. kami menginap di wisma bapelkes beberapa hari sebelum di turunkan ke daerah-daerah kecil yogyakarta. setelah melakukan perjalanan panjang, dan akhirnya kami bisa tidur dengan nyenyak sebelum melakukan aktivitas keesokan paginya.
Senin Pagi, matahari di jawa benar-benar cepat menyapa, sangat berbeda di kota padang. pukul 06.00 wib matahari Yogyakarta sudah menampakkan dirinya. kami mulai bersiap-siap untuk memulai kegiatan kami. ya saya sangat bersemangat.
setelah 3 haru pembekalan di Bapelkes, kami di bagi menjadi beberapa kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 10 orang dan saya termasuk dalam kelompok 6. kemudian kami di tempatkan di padukuhan yang dekat dengan gunung merapi. kami cuma diberi waktu selama 1 minggu untuk mendata masyarakat dari rumah ke rumah, kemudian mengolah data lalu di presentasekan ke masyarakat kemudian di adakan penyuluhan di masyarakat tersebut.

masyarakat di padukuhan sangat ramah, mereka menyambut kami dengan tangan terbuka, mereka sangat menghargai kami semua meskipun kami masih berstatus sebagai mahasiswa. Berkat bantuan masyarakat di sana, pekerjaan kami cepat selesai. mulai dari mendata masyarakat tersebut, kami di bantu oleh kader-kader disana jika kami dalam kesulitan baik dari data masyarakat maupun lokasi disana. di padukuhan tersebut hampir seluruh masyarakat memiliki kebun salak, yahh kami juga sempat di bawa mengunjungi kebun salak tersebut dan memetik sendiri buah salak tersebut.

Setelah melakukan pendataan selama 2 hari dan melakukan pengolahan data, kemudian kami penyuluhan, dan tidak disangka antusias masyarakat menghadiri penyuluhan kami, rasanya senang sekali karena masyarakat benar-benar menghargai kami.
setelah penyuluhan selesai, keesokannya kami jalan-jalan mengelilingi kota Yogyakarta, karena cuaca yang tidak bersahabat , kami hanya mengunjungi beberapa tempat wisata saja, seperi museum merapi, taman kaliurang, dan candi prambanan.

Karena cuaca yang tak bersahabat, planing kami banyak yang gagal. seperti ke parangtritis dan taman sari. setelah satu minggu di padukuhan tersebut, kami dijemput kembali oleh pihak bapelkes, dan menginap lagi di wisma bapelkes selama 2 hari. tepat hari kamis perpisahan kami dengan bapak dan ibu dukuh serta masyarakat disana, rasanya sedih meninggalkan desa tersebut, desa yang memberikan begitu banyak pelajaran baik itu dari kebersihan, tata krama, dan cara bergaul.
sore kamis, kami sudah berada di wisma bapelkes. oppss, ada yang ketinggalan. belum afhdol rasanya kalau belum ke malioboro. sore itu setelah mandi, kami langsung cuss ke malioboro, beli oleh-oleh, foto-foto hingga malam hari, dan ketika perjalanan menuju bapelkes, kami sempatkan dulu mengambil beberapa jepretan di tugu jogja.

Hari Jumat,12 februari 2016 pukul 08.00 Wib, acara seminar sekaligus penutupan kegiatan kami. acara tersebut berjalan lancar hingga jam 11.00 wib. kemudian kami istirahat sejenak. dan setelah shalat jumat kami mulai packing untuk melanjutkan perjalanan menuju jakarta. rasanya sedih untuk mempersiapkan barang-barang, rasanya masih ingin tinggal disana beberapa waktu lagi.
setelah salat magrib dan makan malam, kami langsung di jemput oleh Bus dan melakukan perjalanan selanjutnya menuju jakarta, dan tak lupa oleh-oleh khas jogja yaitu Bakpia. kue terenak yang pernah di cicipi oleh lidah ini. :)
selama 12 jam di Bus cukup menguras tenaga, kemudian kami sampai di jakarta Pukul 11.00 Wib. kami berangkat menuju Padang pukul 20.00 Wib. masih ada beberapa jam lagi di jakarta, kami hanya bermain di Mangga Dua square. tidak terasa sudah menunjukkan pukul 17.00 Wib, kemudian kami meluncur menuju Bandara Soekarna-Hatta dan langsung check-in.
pukul 20.00 Wib pesawat kami landing, dibalik jendela pesawat, masih begitu jelas terbayang suasana ketika di Yogyakarta, Good bye Jogja, Good Bye Jakarta, Good Bye Jawa. See You Later, 14 hari disini, rasanya masih belum ingin pulang, masih ingin di Yogyakarta, Kota Pelajar, Kota Budaya, Kota Pariwisata. yang telah memberikan begitu banyak kenangan dan Goresan indah dalam hati ini.