13/12/2014

My Trip : Danau Kaco

 Danau Kaco adalah danau yang terletak di daerah kerinci, tepatnya di desa Lempur, kecamatan gunung raya, kabupaten Kerinci Propinsi jambi.

danau ini dinamakan dengan danau kaco mungkin karena airnya tampak begitu bening dan memancarkan cahaya. danau mengeluarkan pesona yang berbeda dari danau yang ada di indonesia. apalagi dimalam bulan purnama, danau ini bisa memancarkan cahaya yang sangat terang.
menurut warga setempat, cahaya yang dipancarkan danau tersebut adalah cahaya yang terdapat dari intan yang ada didasar danau tersebut. konon katanya, di dasar danau tersebut terdapat intan yang disimpan oleh raja gagak pada zaman dahulu. ya saya sendiri juga tidak tau, apakah cerita itu hanya mitos atau memang nyata terjadi,

My Trip...
oke sobat, saya akan bercerita tentang pengalaman saya melakukan petualangan ke danau tersebut.
untuk sampai ke desa lempur, dari sungai penuh, kita bisa menggunakan kendaraan baik itu motor ataupun mobil, dan itu memakan waktu sekitar 1 jam.
dan untuk sampai kedanau tersebut, maka perjalanan diteruskan dengan berjalan kaki di dalm hutan sekitar 2-4 jam.

 untuk melakukan petualangan seperti ini, harus memang diniatkan dari hati kita. jangan ada yang terpaksa ataupun dalam keadaan bad mood, karena itu akan membuang tenaga dengan sia-sia.

pertama kali ketika sudah sampai di lokasi, kita akan bertemu dengan sebuah tugu seperti ini..
saya juga tidak tau itu tugu apa. tapi saya cuma ingin mengabadikan hal-hal yang terlihat di sekeliling saya. dan  yang jelas ketika mulai memasuki hutan maka akan ditemukan tugu tersebut. :)

perjalanan di dalam hutan tersebut memang cukup sulit, lagipula hutan itu sangat masih asri. jalannya terlihat seperti jarang dikunjungi ketika itu. masih becek dan juga banyak lintah. untung saja kami semua memakai sepatu. tapi walaupun memakai sepatu, tidak menutup kemungkinan lintah-lintah itu masuk kedalam sepatu kami. ya itu asli lintah beneran, bukan lintah darat.

sepanjang perjalanan memang tercium bau khas hutan rimba yang masih sangat alami. melewati semak-semak, ranting-ranting yang berjatuhan. ya bisa dikatakan, objek wisata danau kaco ini belum banyak pengunjungnya. mungkin jauh berbeda ketika tahun 2014 ini, pengunjung sudah banyak berdatangan ke danau kaco tersebut.

dalam perjalanan, kita tidak boleh mementingkan diri sendiri, yang di utamakan adalah kekompakan dan kebersamaan. jika sudah bersama, perjalanan pasti akan terasa mudah.
setelah satu jam menempuh perjalanan, maka kami memilih untuk istirahat melepaskan penat.


setelah istirahat sejenak, kami memutuskan untuk melanjutkan perjalanan,agar kami sampai dengan cepat ditempat tujuan. sepanjang perjalanan. kita disuguhkan dengan pemandangan alam yang sangat alami. pohon-pohon, akar-akar,dan udara yang masih sejuk. berpetualang bersama di dalam hutan sangat membutuhkan kekompakan antar anggota. dan kita tidak boleh pisah dari yang lainnya. karena apabila kita terpisah, kita bisa tersesat.
perjalanan kami kali ini tidak se seru yang sobat pikir loh.. untuk sampai ke danau kaco, kami harus menyeberangi dua buah sungai. air yang mengalir deras, dengan batu-batu yang licin, kami harus menjaga keseimbangan supaya tidak jatuh. dan harus saling berpegangan dengan yang lain. memang luar biasa perjuangan kami waktu itu. hehe




walaupun begitu, itu rasanya sesuatu banget loh. melakukan hal-hal yang jarang orang lain lakukan itu adalah suatu kenikmatan sendiri bagi kami. perempuan-perempuan lain menghabiskan waktu liburnya dengan salon, piknik, yang sangat menghabiskan uang, tapi kami lebih memilih untuk mengisi waktu libur kami untuk menjelajahi objek wisata yang menantang.


finally,, setelah 2 jam lebih melakukan perjalanan menelusuri hutan, kami akhirnya sampai pada tempat tujuan kami.dan itu sangat menakjubkan. subhanallah... benar-benar menakjubkan ciptaan Allah ini.
semua lelah benar-benar terbalaskan ketika melihatkan pemandangan yang ada di depan mata. kaki yang mulai pegal ketika dalam perjalanan, hilang seketika ketika melihat pemandangan yang disuguhkan oleh danau kaco ini.
jangan lupa sobat, moment yang menakjubkan seperti ini jangan sungkan-sungkan untuk di abadikan.


Wooww... benar-benar menakjubkan..



setelah lama kami bermain-main di danau kaco, dan melihat hari sudah mulai sore, kami memilih untuk pulang. berat hati memang meninggalkan tempat itu. kami sangat betah berada disana. banyak ketenangan yang kami dapatkan disana. tapi itu sangat tidak memungkinkan, karena di hutan rimba seperti itu, dan keterbatasan bekal, kami harus melanjutkan perjalanan pulang.
dan ini pose yang saya ambil ketika kami akan meninggalkan danau kaco yang indah itu.

dan itu lah sebuah cerita pengalaman saya yang menakjubkan. hutan bukanlah tempat yang menyeramkan. melainkan tempat yang sangat indah. sunyi, sepi, sejuk itu sangat bisa menenangkan hati, dibanding hiruk pikuk suasana di kota.
 syukurilah nikmat yang telah Tuhan berikan untuk kita saat ini, janganlah kita merasa tidak berpuas diri sehingga kita kufur akan nikmatnya.


sekian.

with love,
MA

No comments:

Post a Comment